Reduction of Current Harmonic Caused by AC-DC Rectification with Hybrid Filter for Energy Saving Lamp Electronic Ballast

Tags:

Publication Type:

Journal Article

Source:

Volume 6, Number 2 (2013)

Keywords:

electronic ballast, Harmonics, hybrid filter

Abstract:

Penggunaan LHE (Lampu Hemat Energi ) yang menggunakan ballast elektronik akan menimbulkan harmonik, baik harmonik arus maupun tegangan dan adanya harmonik akan berakibat kualitas daya listrik menjadi buruk. Disisi lain LHE yang menggunakan ballast elektronik mempunyai sifat- sifat yang baik dalam mengkonversikanenergi listrik menjadi cahaya, karena mempunyai efisiensi diatas 80%. Riset ini melakukan kegiatan yang bertujuan menganalisis kualitas daya listrik pada jaringan distribusi akibat beban LHE dengan ballast elektronik. Selanjutnya dilakukan pengukuran dengan skala laboratorium dan dilanjutkan analisis dengan menggunakan program, untuk itu dianalisis permasalahan yang meliputi: penggunaan ballast elektronik akan menimbulkan harmonik arus maupun tegangan, harmonik yang berpengaruh harmonik ganjil dan harmonik ke-3 paling dominan, harmonik akan berpengaruh pada kualitas daya listrik.Dengan demikian akan ditindak lanjuti upaya untuk memperkecil adanya harmonik khususnya harmonik arus dan selanjutnya dianalisis pengaruh harmonik untuk kapasitas kelompok beban dengan LHE berkapasitas besar pada jaringan distribusi.
Untuk penghematan penggunaan energi listrik, khususnya kebutuhan penerangan harus diupayakan adanya konversi energi listrik yang optimal dan efisien, maka dapat digunakan LHE yang menggunakan ballast elektronik dan ditambahkan filter hybrid dapat mengurangi efek negatif yaitu adanya harmonik, sehingga dapat diperoleh kondisi yang efisien pada beban dan optimal pada jaringan distribusi.
Dalam penelitian ini dilakukan simulasi dengan program PSIM versi 9.0 dan menggunakan acuan, untuk meminimalkan adanya harmonik arus pada LHE dengan ballast elektronik agar dapat meningkatkan kualitas daya listrik.
Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh pengurangan besarnya harmonik arus sebesar 10 % akibat penyearahan AC- DC, akibat penggunaan ballast elektronik. Selain itu juga dapat diperoleh cara mengurangi adanya harmonik dengan menggunakan filter hybrid tersebut agar LHE memenuhi standar IEC 61000-3-2. Class C.

AttachmentSize
153_160_handajadi.pdf526.24 KB

(c) 2009 Jurnal teknologi FTI IST AKPRIND
Developed by UPT PUSKOM IST AKPRIND

Who's online

There are currently 0 users and 52 guests online.