PROTOTYPE APLIKASI UNTUK MENGUKUR KEMATANGAN BUAH APEL BERDASAR KEMIRIPAN WARNA

Publication Type:

Journal Article

Source:

Jurnal Teknologi, Volume 3, Number 2 (2010)

Keywords:

euclide, histogram, komposisi warna, pengolahan citra

Abstract:

Industri pengolahan hasil pertanian dan perkebunan sangat berkembang pesat. Salahsatu tahap dalam proses pengolahan hasil perkebunan adalah pemilahan produk berdasar kualitasnya (misalnya tingkat kematangan buah). Proses pemilahan produk hasil pertanian dan perkebunan umumnya sangat bergantung pada persepsi manusia terhadap faktor komposisi warna yang dimiliki citra (buah-buahan).
Persepsi manusia terhadap suatu citra cenderung didominasi oleh faktor komposisi warna yang dimiliki citra. Dengan histogram dapat dicari citra yang memiliki kemiripan komposisi warna. Pengukuran tingkat kemiripan dilakukan dengan menghitung jarak antar histogram. Komposisi warna dapat ditampilkan dalam bentuk histogram yang merepresentasikan distribusi jumlah piksel untuk tiap intensitas warna dalam citra. Dalam penentuan tingkat kematangan buah apel, dapat ditentukan berdasarkan komposisi warnanya. Sebagai pembanding adalah histogram warna buah yang sudah matang. Sedangkan query berupa buah apel yang akan dibuat histogram kemudian dibandingkan.
Sistem deteksi kemiripan citra yang telah dibuat dapat menemukan kemiripan antar citra berdasarkan nilai jarak antar histogramnya. Informasi yang dihasilkan berupa prosentase kemiripan dan penggolongan kematangan buah yang meliputi mentah, mengkal, dan matang. Ini dibuktikan dengan hasil percobaan pada program yang telah dibuat menunjukkan bahwa citra yang memiliki kemiripan distribusi warna citra yang sama persis memiliki selisih jarak sama dengan nol.

AttachmentSize
107_112_catur.pdf413.19 KB

(c) 2009 Jurnal teknologi FTI IST AKPRIND
Developed by UPT PUSKOM IST AKPRIND

Who's online

There are currently 0 users and 75 guests online.