PERANCANGAN MODEL KELEMBAGAAN, PERAN DAN KOMPETENSI CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO) RUMAH SAKIT STUDI KASUS : RUMAH SAKIT JIWA PROF. dr. SOEROJO MAGELANG

Publication Type:

Journal Article

Source:

jurnal Teknologi, Volume 6, Number 1 (2013)

Keywords:

CIO, e-Government, Informasi, Kepemimpinan, Kompetensi, Organisasi, Peranan

Abstract:

Di sebuah organisasi perusahaan atau lembaga CIO adalah jabatan yang berfungsi memadukan sistem TI dengan aspek manajemen agar selaras dengan tujuan yang ingin dicapai. CIO menjadi bagian penting dalam kesuksesan sebuah organisasi, perusahaan atau lembaga. CIO berperan mengintegrasikan dan menginovasikan atau menjadikan informasi menjadi lebih efisien dan bermanfaat lebih baik. CIO berperan dalam aspek informasi, manajemen resiko, manajemen pengetahuan, dan investasi sehinga mendorong efisiensi, transparansi, penyesuaian proses bisnis atau reformasi birokrasi pemerintahan. Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang (RSJS) sebagai organisasi kesehatan di bawah Direktorat Jendral Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, dalam melakukan kegiatan sehari-hari seluruh proses dan aktivitas yang ada sangat bergantung pada ketersedian informasi yang berkualitas. Kemampuan untuk mengambil, menyusun, menyimpan, menyeleksi, mendiseminasi dan mengalirkan informasi dari satu tempat ke tempat lain akan sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja organisasi.
Pada penelitian ini membuat model kelembagaan, peran dan kompetensi CIO yang dapat diterapkan di RSJS. Model yang dibuat selanjutnya diuji dengan Metode Delphi. Iterasi dilakukan sebanyak 3 kali. Setiap kali iterasi, jawaban narasumber dianalisis untuk dijadikan model berikutnya yang diujikan kembali. Demikian sampai diperoleh model akhir, kemudian model akhir tersebut dilakukan analisis berdasarkan sumber-sumber literatur yang ada untuk dihasilkan model yang akan direkomendasikan.

AttachmentSize
19_28_Arya Suryadiraja.pdf217.3 KB

(c) 2009 Jurnal teknologi FTI IST AKPRIND
Developed by UPT PUSKOM IST AKPRIND

Who's online

There are currently 0 users and 44 guests online.