PENERAPAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) PADA PT X.

Tags:

Publication Type:

Journal Article

Authors:

Joko Susetyo

Source:

jurnal Teknologi, Volume 6, Number 1 (2013)

Keywords:

AHP, IPMS, Pengukuran Kinerja, Requerement, Stakeholder.

Abstract:

PT X adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengecoran logam. Selama ini, aspek finansial memegang peranan yang sangat penting dalam mengukur kinerja perusahaan, terfokusnya pada aspek finansial inilah yang sering membuat perusahaan terjebak pada orientasi pencapaian keuntungan dalam jangka waktu yang pendek, Adanya berbagai kepentingan yang tidak dapat dielakkan dalam peningkatan performansi kerja perusahaan, selain aspek finansial, menuntut adanya perancangan sistem pengukuran kinerja yang dapat mempresentasikan seluruh aktivitas perusahaan, baik dari dalam maupun dari luar perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Integrated Performance Measurement Systems (IPMS), dimana IPMS merupakan salah satu metode pengukuran kinerja perusahaan yang memperhatikan kebutuhan-kebutuhan dari setiap stakeholder (stakeholder requirement).
Hasil dari pengukuruan kinerja dengan metode IPMS dapat mengidentifikasikan 29 key performance indicators (KPI) yang berdasarkan requirement dari 5 stakeholder yang ada di perusahaan. Dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat diketahui bobot kepentingan dari tiap-tiap KPI yang teridentifikasi. Penerapan scoring system dengan menggunakan metode Objective Matrix dan Traffic Light Systems diketahui pencapaian kinerja perusahaan secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 5,2017%.

AttachmentSize
98_108_joko_S.pdf111.09 KB

(c) 2009 Jurnal teknologi FTI IST AKPRIND
Developed by UPT PUSKOM IST AKPRIND

Who's online

There are currently 0 users and 15 guests online.