Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik Os dan The Dude

Publication Type:

Journal Article

Source:

Teknologi, Volume 6, Number 2 (2013)

Keywords:

Jaringan, Mikrotik OS, monitoring, The Dude

Abstract:

Kegiatan Monitoring Jaringan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengelola suatu sistem jaringan di lokasi atau area tertentu dengan topologi tertentu. Sistem monitoring ini dipergunakan untuk mempermudah tim teknis dalam melakukan pemantauan secara rutin kondisi jaringan di lapangan.
Berkaitan dengan monitoring ini unit Manajemen Information Sistem (MIS) selaku unit yang menangani pelayanan jaringan internet serta mendukung pelayanan software dan aplikasi di Lingkungan Kampus Universitas Kanjuruhan Malang sangat membutuhkan teknologi monitoring ini agar sistem networking dapat terpantau secara maksimal.
Pemantauan jaringan yang dilakukan menggunakan aplikasi the dude dengan sistem operasi Mikrotik. Hasil yang didapatkan setelah diimplementasikan adalah staf lebih cepat dalam mendeteksi trouble jaringan dan mempermudah dalam penanganannya. The Dude juga memungkinkan untuk memonitoring services yang berjalan pada tiap network host, dan memberi peringatan pada setiap perubahan statusnya.

AttachmentSize
124_130_rini.pdf787.79 KB

(c) 2009 Jurnal teknologi FTI IST AKPRIND
Developed by UPT PUSKOM IST AKPRIND

Who's online

There are currently 0 users and 42 guests online.