KONSEP LAYANAN INFORMASI UNTUK PERHITUNGAN CEPAT PEMILU DENGAN MENGGUNAKAN SMS

Publication Type:

Journal Article

Authors:

Joko Triyono

Source:

Jurnal Teknologi IST AKPRIND, Volume 1, Number 2 (2008)

Keywords:

Pemilu, SMS, TPS

Abstract:

Teknologi hadir untuk memberikan kemudahan-kemudahan terhadap suatu masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu teknologi yang sangat banyak digunakan dan sangat populer oleh pengguna telepon selular saat ini adalah SMS (Short Message Service). Dengan SMS tersebut, telah banyak diimplementasikan aplikasi-aplikasi yang berbasis SMS saat ini, seperti misalnya quis, polling, forum, bahkan bisa juga untuk aplikasi bisnis seperti pemesanan barang.
Pada tulisan ini, dibuat suatu konsep layanan transaksi pengiriman data hasil perhitungan suara dari masing-masing TPS ke PPK. Untuk layanan ini terdiri dari beberapa jenis konsep layanan seperti : Pendaftaran no telpon untuk validasi data masuk dan proses pengiriman data hasil perhitungan suara per-satuan waktu tertentu.
Dengan hasil konsep ini diharapkan, validasi, akurasi dan kecepatan pengiriman hasil perhitungan suara dari masing-2 TPS akan tercapai. Sehingga setelah data masuk ke PPK, maka saat itu juga akan bisa dilihat perolehan suara dari masing-masing peserta pemilu di suatu daerah (Kecamatan, Kabupaten, Propinsi bahkan pusat).

AttachmentSize
219_224_joko_tri.pdf169.97 KB

(c) 2009 Jurnal teknologi FTI IST AKPRIND
Developed by UPT PUSKOM IST AKPRIND

Who's online

There are currently 0 users and 36 guests online.